Doug Templeton salah satu tokoh besar di speedway Skotlandia dan pengendara yang luar biasa di trek apapun, ia mungkin telah mencapai jauh lebih banyak jika karirnya tidak mengalami kemerosotan dalam olahraga pada pertengahan 1950-an.
Doug menjadi kapten Edinburgh Monarchs selama hampir satu dekade, dan merupakan kekuatan pendorong ketika Monarchs menjadi tim terdepan di speedway Skotlandia tahun 1960-an. Sebagai kapten, ia memimpin tim Capital melalui delapan musim di Meadowbank ditambah dua musim lagi di Coatbridge, rumah sementara Monarchs setelah mereka dipaksa keluar dari Old Meadowbank pada tahun 1968 untuk memberi jalan bagi pembangunan kembali stadion untuk Commonwealth Games 1970.
Seorang olahragawan tangguh pernah disamakan dengan "sebongkah granit", Dougie adalah pengendara yang dominan. Dengan rekan-rekan dan saingan di klub lain termasuk George Hunter, Ivor Brown, Ivan Mauger, Charlie Monk, Jimmy Tannock, dan kerabat Bert Har, pertunjukan balap mendebarkan Doug menarik banyak orang dan membangun basis populer untuk speedway. Ketika kurangnya trek memaksa Edinburgh Monarchs keluar dari olahraga, Doug memberikan pekerjaan yang luar biasa untuk Glasgow Tigers, Berwick Bandits, dan Coatbridge Tigers sampai ia pensiun pada tahun 1976.
Douglas Templeton lahir di Maybole dari saham pertanian Ayrshire. Tapi balap motor memikatnya sejak masa remajanya.
Sebagai 25 tahun pada tahun 1953 ia terlihat balap rumput oleh pembalap Glasgow Tigers Larry Lazarus. Semata-mata atas rekomendasi Lazarus, Doug tidak hanya dimasukkan di garis start pertandingan pertama tim Glasgow oleh promotor Ian Hoskins beberapa bulan kemudian, tetapi sebelum tahun itu berakhir telah membuat debut internasional pertamanya, mencetak enam poin yang sangat dikreditkan melawan New Selandia. Dengan Glasgow Tigers lipat di awal tahun 1954, Dougie bergabung dengan Motherwell Eagles sebelum mereka juga runtuh. Satu-satunya speedway yang dia nikmati selama lima musim berikutnya adalah sesekali pergi ke Glasgow, Reading, Newport dan Ipswich, ditambah periode singkat pada tahun 1958 dengan tim Motherwell yang dibentuk kembali. Dia mungkin telah berkelana ke selatan jika bukan karena tanggung jawab keluarga dan pertanian.
Ketika panggilan datang ke Edinburgh Monarchs pada tahun 1960, Templeton diangkat sebagai kapten, dan membuat reputasinya sejak awal. Dia menciptakan rekor, karena tidak ada kapten di dunia speedway yang menandingi rentangannya selama hampir satu dekade.
Salah satu ikon speedway Sixties di Old Meadowbank, ia berkendara bersama saudara laki-lakinya dan sesama Monarch Willie dari tahun 1960-64. Pada usia 40, ketika dia seharusnya memasuki masa pensiun, Doug masih bisa mengambil bagian dalam tikungan dan mengumpulkan poin, meskipun saat itu rekan-rekan Monarch seperti Bernie Persson dan Reidar Eide mengambil beberapa pusat perhatian. Ketidaksepakatan dengan Hoskins menyebabkan Doug meninggalkan Monarchs sebentar pada tahun 1969. Ketika dia kembali, kapten telah diberikan kepada teman baiknya Bert Harkins, meskipun Doug masih mempertahankan rekornya sebagai kapten terlama dalam sejarah speedway.
Karakter yang tangguh dan tanpa kompromi di trek, ia membuktikan diri sebagai pengendara yang terampil, mewakili Skotlandia dan Inggris berkali-kali, dan mencapai Final Kejuaraan Pembalap Provinsi pada tahun 1960, 1962 dan 1963. Dia mengendarai dengan perbedaan dalam pertandingan uji untuk Skotlandia dan Inggris v Di luar negeri, serta mencapai Final Kejuaraan Dunia Inggris pada tahun 1963. Mungkin pencapaian besarnya adalah memenangkan Scottish Open dua kali, pada tahun 1960 dan 1962. Bert Harkins mengatakan “Seperti yang dikatakan judulnya, itu adalah “Terbuka” – bukan hanya untuk pembalap Skotlandia tetapi semua pembalap top seperti Ivan Mauger, Reider Eide dan Charlie Monk. Jadi itu sulit untuk menang bahkan sekali, apalagi dua kali”.
Doug mungkin telah menambahkan lebih banyak kejayaan dalam karirnya, tetapi karena kehilangan speedway di Skotlandia pada 1950-an tepat ketika dia seharusnya berada di puncaknya.
Tamasya terakhirnya di trek adalah penampilan di trek Powderhall Edinburgh pada tahun 1995, ketika juara dunia satu kali Barry Briggs mempromosikan seri Golden Greats yang menampilkan bintang speedway masa lalu. Meskipun Dougie tidak mengendarai speedway selama 20 tahun (dia sekarang berusia 67 tahun), dia mengikuti tiga balapan. Pada pembuka, dia jatuh di tikungan pertama. Namun ia berhasil menyelesaikan dua acara tersisa, menunjukkan kilasan kehebatan yang pernah memukau para penggemar.
Templeton menikmati kehidupan ganda yang bahagia dan memuaskan. Speedway adalah tempat dia membuat namanya, tetapi bertani adalah sumber hidupnya. Pada tahun 1951, ia meninggalkan Maybole ke Culross di Fife untuk bekerja bersama saudara-saudaranya Jack, Gibby, dan Willie. Menjelang akhir pertemuan speedway, Dougie akan pulang ke rumah, ke mana pun dia balapan. hanya untuk kembali bekerja di pertanian. Pada tahun 1968 datang langkah lain, kali ini dengan Doug dan keluarganya mengambil pertanian mereka sendiri dari Blairsgreen, oleh Saline. Ini dia kerjakan bersama dengan putranya Douglas, tetap aktif sepenuhnya dan masih mengemudikan traktor pada usia 80. Meskipun lemah di usia tua, Dougie tetap berhubungan dengan rekan-rekan speedway veteran, karena dia ramah di luar trek seperti saat dia berkompetisi di dia. Pada tahun 2018, saat itu Raja tertua yang masih hidup, dia disambut dengan gembira oleh orang banyak ketika dia menghadiri pertemuan peringatan ke-70 di trek mereka saat ini di Armadale, Lothian Barat.
Doug didahului oleh istrinya Margaret, dan meninggalkan anak-anak Hazel, Heather dan Douglas; cucu dan cicit.
#speedway #halloffframe #balap #sejarah
0 Comments